Pesona dan daya tarik HP flagship dengan segala kecanggihannya, memang susah buat ditolak. Mulai dari iPhone, Samsung Galaxy S Series, Xiaomi Fold & Series 12 ke atas, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya sekadar karena gaya hidup dan status sosial, HP flagship juga punya segudang kelebihan yang mempermudah berbagai aktivitas. Terlebih, kalau kamu menekuni dunia konten dan digital, punya HP flagship sama dengan investasi yang bisa bikin kualitas foto dan video konten yang kamu ambil makin maksimal!

Tapi, yang sama-sama kita tahu, harga HP flagship tentunya nggak murah karena sebanding dengan fitur yang didapat. Alhasil, opsi cicilan jadi salah satu yang paling favorit bagi sebagian orang untuk beli HP flagship.

Ditambah, cicilan online pakai aplikasi fintech seperti Kredivo juga sudah tersedia! Di mana kalau kamu jadi pengguna Kredivo, kamu bisa ambil kredit HP tanpa uang muka tanpa perlu punya kartu kredit dulu.

Caranya adalah dengan daftar akun Premium Kredivo dan tunggu sampai disetujui. Kalau sudah punya limit yang aktif dan cukup, barulah kamu bisa transaksi pakai Kredivo! Termasuk untuk ambil cicilan HP flagship tanpa uang muka di merchant rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Blibli, iBox, Samsung Official Store, Erafone, dan yang lainnya.

Tapi, sebelum ambil cicilan HP flagship, ada baiknya cek dulu 5 hal ini supaya kreditmu lancar & HPnya pas sesuai kebutuhan, ya:

Kondisi keuangan untuk bayar cicilannya

Pakai Kredivo memang mudah dan ada cicilan 0%, tapi saat kamu ambil cicilan, serendah apapun bunganya, tetap ada tagihan yang harus dibayar sampai lunas. Maka dari itu, hal pertama yang harus dicek adalah apakah kondisi keuangan kamu masih aman untuk beli HP flagship?

Kalau kamu masih punya penghasilan tetap setiap bulan dan punya utang yang minim atau nggak lebih dari 30% total penghasilan, bisa dibilang kondisi keuanganmu masih aman. Tapi, kalau kamu bekerja sebagai freelancer yang penghasilan bulanan jumlahnya nggak menentu, kadang besar, kadang kecil, atau jumlah cicilanmu sekarang sudah cukup banyak, maka bisa dibilang kondisi keuanganmu lagi kurang sehat.

Memastikan kondisi keuangan sehat sangat penting agar cicilan HP flagship yang kamu ambil bisa lancar dan nggak terjadi kredit macet. Karena, kalau sampai terjadi kredit macet, bukan cuma bisa bikin keuangan berantakan tapi skor kreditmu juga jadi terpengaruh!

Kebutuhan & fitur yang tersedia di HP flagship

HP flagship umumnya sudah didesain dengan fitur yang lengkap dan canggih. Mulai dari bahan bodinya yang elegan dan kokoh, layar yang visualnya tajam & ciamik, speaker, kamera, sampai kapasitas RAM, baterai dan sistem operasi yang terbaru sehingga bisa memudahkan kita melakukan aktivitas apa pun di smartphone.

Tapi, kalau kamu butuh HP flagship untuk tujuan tertentu misalnya fotografi atau vlogging, maka kamu perlu mengecek secara khusus dan detail spesifikasi kamera dari HP flagship pilihanmu. Mulai dari tipe kameranya, resolusinya, fitur-fitur fotografi atau videografinya, dan yang lainnya supaya sesuai dengan kebutuhanmu nantinya dan nggak mengecewakan.

Layanan kredit yang limitnya pas untuk harga HP flagship

Kita semua tahu kalau HP flagship itu nggak murah. Minimal, uang atau akses kredit yang harus disiapkan adalah Rp 8 juta ke atas. Maka dari itu, kalau kamu mau beli HP flagship dengan cara cicilan, pastikan kamu mendaftar akses kredit yang jumlah limitnya memadai seharga HP flagship yang kamu pilih. Kalau jumlah limit di bawah harga, otomatis transaksi jadi nggak bisa dilakukan.

Kalau belum punya kartu kredit, Kredivo bisa jadi akses kredit online yang tepat. Sebab, limitnya bisa sampai Rp 50 juta kalau kamu daftar sebagai pengguna premium!

Masa garansi dan cara klaimnya

Walau sudah didesain dengan canggih, HP flagship tetap bisa berisiko error atau rusak. Inilah mengapa kamu perlu mengecek masa garansi yang didapat dari HP flagship pilihanmu. Bukan cuma itu, pelajari juga cara klaimnya dan jenis kerusakan seperti apa yang ditanggung. Misalnya kerusakan terjadi karena human error, apakah garansi bisa menanggung hal tersebut?

Simulasi cicilan dan suku bunganya

Sebelum mencicil HP flagship, biasanya, akan ada simulasi cicilan yang ditampilkan akses kredit yang kamu gunakan. Kalau pakai kartu kredit bank dan transaksinya di online, akan ada simulasi cicilan yang tampil di halaman pembayaran untuk kamu cek kesesuaiannya.

Tapi, kalau kamu pakai Kredivo, simulasi cicilan bisa dilihat bahkan sebelum kamu transaksi. Caranya adalah dengan menggunakan fitur kalkulator cicilan yang ada di aplikasi Kredivo.

Misalnya, harga HP flagship yang kamu mau beli adalah Rp12.000.000, simulasi dengan kalkulator ini kurang lebih akan menjadi:

  1. Cicilan 3 bulan dengan bunga 0%, angsuran per bulannya sebesar Rp4.120.000. Ada biaya admin 1% per bulan atau Rp120.000.
  2. Cicilan 6 bulan dengan bunga mulai 1.99% per bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp2.238.790. Tanpa biaya admin.
  3. Cicilan 12 bulan dengan bunga mulai 1.99% per bulan, angsuran per bulannya sebesar Rp1.238.830. Tanpa biaya admin.

Kamu bisa download aplikasi Kredivo, daftar, dan coba sekarang!