Hello Sobat Jari Berita! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang “Wisata Kuliner di Bandung”. Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung? Kota kembang ini terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah wisata kuliner. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Sate Maranggi, Kuliner Khas Bandung yang Legendaris

Sate Maranggi adalah kuliner khas Bandung yang sudah terkenal sejak lama. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bumbu khas. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan nasi, sambal kecap, dan acar mentimun. Untuk mencicipi sate Maranggi yang enak, Sobat Jari Berita bisa datang ke daerah Cibadak atau Cibolerang, Lembang.

2. Mie Kocok, Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Bandung

Mie Kocok adalah kuliner khas Bandung yang terbuat dari mie dan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Mie Kocok biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kental dan bumbu kacang. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Mie Kocok yang enak di Bandung, salah satunya adalah Mie Kocok Simpang Raya.

3. Surabi, Kuliner Ringan Khas Bandung yang Menyegarkan

Surabi adalah kuliner ringan khas Bandung yang terbuat dari tepung beras dan gula. Surabi biasanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair di atasnya. Surabi sangat cocok disantap saat cuaca panas di Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Surabi yang enak di Bandung, salah satunya adalah Surabi Enhaii.

4. Batagor, Kuliner Khas Bandung yang Menggugah Selera

Batagor adalah kuliner khas Bandung yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung dan bumbu kacang. Batagor biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Batagor yang enak di Bandung, salah satunya adalah Batagor Kingsley.

5. Es Duren, Kuliner Segar yang Wajib Dicoba di Bandung

Es Duren adalah kuliner segar khas Bandung yang terbuat dari durian yang dicampur dengan susu dan es batu. Es Duren sangat cocok disantap saat cuaca panas di Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Es Duren yang enak di Bandung, salah satunya adalah Es Duren Selasih.

6. Nasi Timbel, Kuliner Khas Sunda yang Menggugah Selera

Nasi Timbel adalah kuliner khas Sunda yang terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk khas Sunda seperti ayam goreng, ikan asin, dan lalapan. Nasi Timbel sangat cocok disantap saat makan malam di Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Nasi Timbel yang enak di Bandung, salah satunya adalah Warung Nasi Timbel Bawean.

7. Es Krim Palasari, Kuliner Manis yang Legendaris di Bandung

Es Krim Palasari adalah kuliner manis yang legendaris di Bandung. Es Krim Palasari terkenal dengan rasa es krim yang creamy dan lezat. Terdapat beberapa varian rasa Es Krim Palasari yang bisa Sobat Jari Berita coba seperti coklat, vanila, dan stroberi. Es Krim Palasari bisa Sobat Jari Berita temukan di outlet-outlet Palasari yang tersebar di kota Bandung.

8. Ayam Goreng Kalasan, Wisata Kuliner yang Harus Dicoba di Bandung

Ayam Goreng Kalasan adalah kuliner khas Jogja yang juga terkenal di Bandung. Ayam Goreng Kalasan terbuat dari ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Jogja dan digoreng dengan tepung beras. Ayam Goreng Kalasan biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Ayam Goreng Kalasan yang enak di Bandung, salah satunya adalah Ayam Goreng Kalasan Mas Santho.

9. Siomay, Kuliner Ringan yang Enak di Bandung

Siomay adalah kuliner ringan yang terbuat dari ikan tenggiri, tepung tapioka, dan telur yang dicampur dengan bumbu kacang. Siomay biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Siomay yang enak di Bandung, salah satunya adalah Siomay Tenggiri Pak Asep Stasiun Hall.

10. Martabak Manis, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicoba di Bandung

Martabak Manis adalah kuliner legendaris yang terkenal di Bandung. Martabak Manis terbuat dari adonan tepung, telur, dan gula yang dipanggang dan diisi dengan berbagai topping seperti kacang, keju, atau coklat. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Martabak Manis yang enak di Bandung, salah satunya adalah Martabak San Francisco.

11. Cireng, Kuliner Ringan yang Cocok untuk Camilan di Bandung

Cireng adalah kuliner ringan khas Bandung yang terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dan disajikan dengan saus kacang. Cireng sangat cocok untuk camilan saat berkunjung ke Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Cireng yang enak di Bandung, salah satunya adalah Cireng Rujak Mang Udin.

12. Es Campur, Kuliner Segar yang Tak Boleh Terlewatkan di Bandung

Es Campur adalah kuliner segar khas Bandung yang terbuat dari buah-buahan segar seperti alpukat, kelapa muda, nangka, dan tape ketan yang dicampur dengan es batu dan sirup. Es Campur sangat cocok disantap saat cuaca panas di Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Es Campur yang enak di Bandung, salah satunya adalah Es Campur Kedai Surya.

13. Tahu Gejrot, Kuliner Khas Cirebon yang Enak di Bandung

Tahu Gejrot adalah kuliner khas Cirebon yang juga terkenal di Bandung. Tahu Gejrot terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan saus bumbu kacang dan air jeruk nipis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Tahu Gejrot yang enak di Bandung, salah satunya adalah Tahu Gejrot Pak Gendut.

14. Kupat Tahu, Kuliner Khas Solo yang Enak di Bandung

Kupat Tahu adalah kuliner khas Solo yang juga terkenal di Bandung. Kupat Tahu terbuat dari ketupat, tahu, lontong, dan taoge yang disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Kupat Tahu yang enak di Bandung, salah satunya adalah Kupat Tahu Gempol.

15. Es Cendol, Kuliner Segar yang Wajib Dicoba di Bandung

Es Cendol adalah kuliner segar khas Bandung yang terbuat dari tepung ketan, air gula merah, dan es batu. Es Cendol biasanya disajikan dengan santan dan tape ketan. Es Cendol sangat cocok disantap saat cuaca panas di Bandung. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Es Cendol yang enak di Bandung, salah satunya adalah Es Cendol Elizabeth.

16. Soto Ayam, Kuliner Khas Indonesia yang Enak di Bandung

Soto Ayam adalah kuliner khas Indonesia yang juga enak di Bandung. Soto Ayam terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan nasi, telur rebus, tauge, daun bawang, dan emping. Soto Ayam biasanya disajikan dengan sambal dan kecap manis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Soto Ayam yang enak di Bandung, salah satunya adalah Soto Ayam Pasundan.

17. Sop Buntut, Kuliner Khas Indonesia yang Enak di Bandung

Sop Buntut adalah kuliner khas Indonesia yang juga enak di Bandung. Sop Buntut terbuat dari buntut sapi yang dimasak dengan kuah kaldu dan sayuran. Sop Buntut biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan kecap manis. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Sop Buntut yang enak di Bandung, salah satunya adalah Sop Buntut Cak Yo.

18. Nasi Goreng, Kuliner Internasional yang Enak di Bandung

Nasi Goreng adalah kuliner internasional yang juga enak di Bandung. Nasi Goreng terbuat dari nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kecap manis, saus tiram, dan bawang putih. Nasi Goreng biasanya disajikan dengan telur, ayam, dan kerupuk. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Nasi Goreng yang enak di Bandung, salah satunya adalah Nasi Goreng Gila.

19. Pempek, Kuliner Khas Palembang yang Enak di Bandung

Pempek adalah kuliner khas Palembang yang juga enak di Bandung. Pempek terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bumbu rempah. Pempek biasanya disajikan dengan saus cuka dan bawang putih. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Pempek yang enak di Bandung, salah satunya adalah Pempek Pak Raden.

20. Bakso, Kuliner Khas Indonesia yang Enak di Bandung

Bakso adalah kuliner khas Indonesia yang juga enak di Bandung. Bakso terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu-bumbu tertentu. Bakso biasanya disajikan dengan mie, pangsit, dan kuah kaldu. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Bakso yang enak di Bandung, salah satunya adalah Bakso Cuanki Serayu.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai wisata kuliner di Bandung. Kota kembang ini memang memiliki beragam kuliner yang enak dan menggugah selera. Sobat Jari Berita bisa mencoba beberapa kuliner yang kami rekomendasikan di atas. Selamat mencoba!