Tutorial Cara Membuat CV Siap Tembus ke HRD!

Curriculum Vitae merupakan pintu awal untuk melamar pekerjaan. CV menjadi alat branding terhadap dirimu untuk melamar di suatu perusahaan.

Biasanya para first timer membuat CV yang lebih festive dan banyak pernak-pernik yang dikira untuk mengambil hati recruiter, padahal hal ini dirasa kurang nyaman karena terkesan penuh. Apalagi saat ini sedang hits yaitu CV yang ATS Friendly.

ATS merupakan alat bantu bagi para recruiter untuk menyortir CV sesuai dengan kebutuhan dari tiap posisinya. Karena itu, hari ini akan membahas tutorial cara membuat CV yang baik hingga CV Anda terbaca oleh HRD. Bagaimana caranya?

Berikan Informasi yang Sesuai

Dalam proses pembuatan CV, diawal Anda harus mempersiapkan informasi yang sekiranya dibutuhkan dalam CV. Biasanya dibutuhkan biodata, pengalaman, skill, dan pendidikan.

Untuk biodata cukup dengan memberikan nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, dan alamat email. Tak perlu harus menulis tempat lahir, umur, hingga hobi yang sekiranya tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Selain itu, berikan informasi pengalaman yang cocok dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, Anda melamar menjadi seorang Content Writer. Rasanya pengalaman pernah juara lomba sepak bola dianggap kurang relevan dengan posisi tersebut.

Skill yang diberikan juga sama seperti pengalaman, sekiranya yang nyambung dan dibutuhkan jika Anda bekerja di posisi tersebut. Cukup masukkan 5 teratas yang mencakup hardskill dan softskill.

Untuk pendidikan, jangan Anda tulis pendidikan mulai dari SD hingga kuliah. Cukup dengan memasukkan S1/D3 terakhir dengan menyebutkan nama universitas, jurusan, dan IPK akhir.

Baca Juga: Menggunakan Aplikasi Absensi Online untuk Memudahkan Karyawan

Pastikan Memiliki CV yang Berbeda

Jangan sampai Anda melamar ke seluruh perusahaan dengan CV yang sama. Karena setiap perusahaan dan posisi memiliki penilaiannya sendiri. Apalagi yang Anda lamar memiliki perbedaan posisi dan job requirement nya.

Sehingga dibutuhkan beberapa CV yang perlu Anda siapkan sesuai dengan posisi dan perusahaan yang Anda lamar.

Buat Design CV yang Mudah Dibaca

Saking excitednya untuk melamar pekerjaan, sehingga Anda Membuat design yang dianggap unik dan diharapkan menjadi nilai tambah bagi recruiter.

Pemilihan font dan desain serta warna ternyata menjadi penentu apakah CV Anda dibaca atau tidak. Oleh karena itu, pilihlah font yang mudah dibaca, warna yang tidak norak serta desain yang simple dan minimalis. Semakin mudah terbaca, besar peluang CV Anda dibaca.

Oleh karena itu, penting membuat CV yang baik dan tidak sembarangan. CV merupakan cerminan dari dirimu. Setelah Anda membentuk CV dan diterima nanti, jangan sampai Anda suka kabur dari pekerjaan! Sulitnya Anda diterima sehingga jangan disia-siakan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara membuat CV agar Anda segera mendapatkan pekerjaan. Semoga ulasan di atas dapat membantu!