Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan di PermataKTA

Tidak dapat dipungkiri, manusia mempunyai berbagai keinginan yang tidak terbatas. Manusia cenderung ingin memenuhi keinginannya namun masalah yang sering muncul adalah keterbatasan dana.

Salah satu solusi untuk memenuhi keinginan tersebut adalah memaksimalkan manfaat pinjaman tanpa agunan. Saat ini telah tersedia berbagai pinjaman yang ada di bank dan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman adalah mempelajari ketentuan dan syaratnya.

Salah satu pinjaman yang dapat menjadi pertimbangan adalah PermataKTA. Pengambilan pinjaman dengan KTA tersebut memiliki syarat dan proses pencairan yang mudah dan terpercaya karena diawasi oleh OJK.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan

Seperti yang telah disebutkan, PermataKTA dapat menjadi alternatif untuk kamu yang membutuhkan dana yang cukup besar dengan cepat.

PermataKTA adalah produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang dimiliki oleh PermataBank. Pengajuannya dapat dilakukan 100% online melalui PermataMobile X dengan proses yang cepat. Sebelum memutuskan untuk menggunakan pinjaman tanpa agunan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon peminjam:

1. Syarat Pinjaman

Meskipun umumnya persyaratan yang diberikan untuk fitur pengajuan KTA mudah, kamu harus tetap teliti agar pengajuannya berjalan lancar. Berikut beberapa syarat yang diperlukan untuk menggunakan produk PermataKTA.

  • WNI dan memiliki e-KTP dan NPWP (jika pengajuan di atas Rp50 juta)
  • Usia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun saat pelunasan kredit
  • Memiliki penghasilan tetap minimum Rp3 juta per bulan
  • Berdomisili di area yang termasuk dalam cakupan area penjualan PermataKTA

2. Besaran Bunga Pinjaman

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pengajuan pinjaman adalah besaran bunga yang berlaku, penerapan jenis bunga flat pada KTA membuat semakin panjang waktu atau masa tenornya maka akan semakin besar pula bunga yang dihasilkan. Penawaran bunga yang ada di PermataKTA tergolong rendah dan kompetitif yaitu mulai 0,88% per bulan.

Sebaiknya pilih jangka waktu terpendek agar tingkat bunga yang dihasilkan dari pinjaman tanpa agunan kamu tidak terlalu memberatkan.

3. Adanya Biaya Lain yang Perlu Diperhatikan

Dalam melakukan pengajuan KTA, bank juga akan memberlakukan biaya lain selain bunga. Umumnya biaya tersebut yaitu biaya provisi, biaya asuransi, biaya transfer, biaya materai, biaya administrasi dan lain-lain.

Lakukan pengecekan secara detail terkait penambahan biaya ini agar kamu tidak kaget ketika melakukan pengajuan. Secara umum, besaran biaya provisi yaitu 1-4% dari jumlah pengajuan.

Selain itu, perhatikan perjanjian terkait biaya percepatan pelunasan dan denda jika terjadi keterlambatan pembayaran. Hal ini bisa menjadi gambaran yang menyeluruh sebelum melakukan pinjaman tanpa agunan.

4. Melakukan Simulasi Cicilan

Setelah mengetahui syarat yang harus dipenuhi dan besaran bunganya, sebaiknya kamu melakukan simulasi cicilan yang akan dibayarkan kelak.

Perhitungan simulasi cicilan menyesuaikan dengan jangka waktu yang diinginkan dan dapat diakses melalui web PermataBank.

Jika perusahaan tempatmu bekerja memiliki kerjasama dengan bank terkait, kamu bisa memanfaatkan KTA tipe payroll agar bunganya lebih rendah.

Risiko bank akan lebih rendah jika pengguna memilih metode payroll karena pembayaran cicilan langsung dipotong dari gaji sehingga bank berani memberikan bunga yang lebih rendah.

5. Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Berikut beberapa langkah yang harus diikuti untuk mengajukan pinjaman di PermataKTA.

  • Masuk ke PermataMobile X
  • Masuk ke PermataStore
  • Pilih KTA, kemudian PermataKTA
  • Setelah itu ikuti petunjuk pengajuannya sampai selesai

Bagi kamu yang belum pernah melakukan registrasi PermataMobile X ataupun yang belum menjadi nasabah PermataBank sama sekali, kamu dapat mengikuti tahapan di bawah ini sebelum mendapatkan pinjaman tanpa agunan:

  • Download PermataMobile X lewat PlayStore atau AppStore.
  • Masuk ke aplikasi dan klik opsi Mulai.
  • Pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, pilih “tidak”
  • Pilih KTA, kemudian PermataKTA
  • Setelah itu ikuti petunjuk pengajuannya sampai selesai

Keunggulan PermataKTA

Berikut beberapa keunggulan produk pinjaman tanpa agunan yang diusung oleh PermataBank untuk meyakinkan pilihan kamu.

  • Pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga 300 juta
  • Jangka waktu pinjaman hingga 5 tahun
  • Bunga rendah dan kompetitif (mulai dari 0.88% flat per bulan setara dengan suku bunga efektif, syarat dan ketentuan berlaku)
  • Besar angsuran tetap dan tidak berubah hingga akhir masa pinjaman
  • Syarat dan proses cara pengajuan mudah. Hanya siapkan e-KTP dan NPWP jika nominal pengajuan pinjaman di atas Rp50 juta
  • Proses pecairan cepat dan “Gak Pake Lama” membuat semua rencanamu dapat terwujud dengan segera
  • Proses pengajuan akan lebih mudah jika kamu adalah pemegang Kartu Kredit
  • Proses pengajuan Pinjaman diajukan 100% online melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X
  • Pembayaran cicilan dapat dilakukan dengan autodebet di rekening PermataBank nasabah sehingga tidak perlu khawatir kelupaan membayar atau harus datang ke cabang
  • Semua informasi PermataKTA kamu mulai dari status pengajuan hingga rincian detail pinjaman, bisa dilihat pada aplikasi PermataMobile X.

Munculnya KTA ditengah masyarakat saat ini sangat memudahkan penyelesaian masalah kebutuhan dana yang cukup besar dengan waktu yang cepat.

Selanjutnya, setelah pengajuan kamu diterima dan dana dicairkan, jangan lupa gunakan dana tersebut sebaik mungkin, ya! Selain itu, kamu perlu memastikan ketepatan cicilan agar biaya keterlambatannya tidak membebanimu!

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman tanpa agunan PermataKTA. Ajukan pinjamanmu dengan mudah sekarang!