Pengertian Kabel Data Dan Juga Tips Cara Merawatnya Supaya Tidak Cepat Rusak

Bagi sebagian orang, kabel data dan juga kabel charger ini sama saja kegunaannya. Padahal kabel data dan kabel charger memiliki fungsi yang berbeda lho. Dari bentuk kedua kabel ini memang sekilas sama saja. Lalu apa pengertian dari kabel data itu ya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Kabel Data

Kabel data adalah kabel yang berperan menstranfer dan menerima data dari handphone ke perangkat dan dapat juga untuk mengisi daya baterai hp. Jadi bisa dibilang kabel data ini adalah kabel yang multifungsi dimana bisa mentransfer/ menerima dan juga mengisi daya baterai.

Tips Cara Merawat Kabel Data

  1. Jika Anda ingin kabel data lebih tahan lama alias awet, jangan taruh kabel data Anda disembarang tempat. Jangan letakkan kabel data hanya dilantai ataupun ditempat yang tidak semestinya karen rawan untuk terinjakatau tertarik. Gulung kabel data jika Anda sedang tidak menggunakannya.
  2. Gunakan kabel data dengan hati-hati, jangan langsung menarik paksa kabel data jika tersangkut dengan sesuatu apalagi ketika masih tertancap dihandphone Anda.
  3. Lanjutan dari tips nomer 1, Anda harus meletakan kabel Anda ditempat yang aman seperti dompet atau pounch lalu taruh di laci ataupun lemari. Hal ini dimaksudkan supaya kabel tidak mudah terjepit oleh benda lainnya.
  4. Pastikan tidak meletakan kabel data Anda di tempat yang bersuhu panas ataupun dingin. Tempat bersuhu dingin seperti kulkas dan tempat bersuhu panas dimana terkena langsung paparan sinar matahari. Hal ini karena suhu ekstrem dapat melemahkan ikatan serat-serat di pelapis plastik kabel terluar.
  5. Gunakan pelindung kabel yang akhir-akhir ini sedang viral. Pelindung kabel berbentuk spiral yang dapat melindungi kabel juga sekaligus mempercantik kabel sehingga kabel data menjadi lebih warna-warni.

Jenis-Jenis Kabel Data

Ada beberapa jenis dari kabel data, apa saja itu? Dibawah penjelasannya

  • Kabel Data Micro USB
  • Kabel Data USB Type C
  • Kabel Data Lightning

Itu tadi penjelasan tentang apa itu kabel data dan tips cara merawatnya serta jenis-jenis dari kabel data. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca artikel ini.