Manfaat Mengikuti Program Pelatihan Singkat untuk Para Pencari Kerja

Apakah Anda termasuk orang yang ikut terdampak pandemi, karena dirumahkan ataupun juga terkena PHK dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya? sekarang ini sedang dalam kondisi kebingungan untuk mencari pekerjaan baru?. Apalagi memang pada dasarnya dalam kondisi semacam ini lapangan kerja yang tersedia juga masih terbatas karena gejolak ekonomi yang tidak menentu, ditambah lagi dengan banyaknya angka pencari kerja lainnya, sehingga persaingan yang ada di dunia kerja jadi semakin ketat. Jadi alangkah baiknya mencari kegiatan positif terlebih dahulu, seperti diantaranya adalah mengikuti program pelatihan singkat  .

Tentunya tak asing lagi dengan program-program pelatihan atau training semacam ini bukan. Belakangan ini di Indonesia ada cukup banyak diantara lembaga pelatihan baru yang mulai menawarkan atau mengeluarkan kelas singkat mereka, short training istilahnya yang dapat digunakan untuk mengasah skill Anda sendiri. Memang berbayar, namun juga tak perlu khawatir karena jika seandainya berbicara mengenai tawaran harganya sendiri jauh lebih murah dibandingkan dengan pelatihan secara langsung.

Ada banyak diantara manfaat yang nantinya akan dirasakan dengan mengikuti program pelatihan singkat ini, khususnya untuk Anda para job seeker, yaitu:

  1. Meningkatkan skill yang dimiliki, program yang ditawarkan sendiri cukup banyak, seperti kemampuan berbahasa, kemudian juga kemampuan menggunakan perangkat teknologi dan sebagainya. Anda bebas pilah-pilih yang diinginkan, dimana nantinya hal ini juga memungkinkan untuk menambah skill atau keahlian yang dimiliki. Sekarang ini banyak perusahaan yang mencari karyawan yang bisa multitasking melakukan banyak pekerjaan sekaligus, tanpa adanya keahlian ini tentunya akan membuat Anda kalah saing dengan yang lain.
  2. Menambah soft skill, tak hanya skill atau keahlian utama saja, melainkan penunjangnya juga tak kalah penting. Karena jika seandainya Anda membaca lowongan pekerjaan yang ada saat ini, maka dapat terlihat banyaknya kualifikasi yang dicantumkan disana, tak hanya yang sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut, melainkan juga skill penunjang juga harus ada.
  3. Bisa mendapatkan sertifikat, pelatihan semacam ini juga bersertifikat, sehingga setelah mengikuti kelasnya dan juga dipastikan sudah lulus dari ujiannya, maka nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini tak sekedar bisa digunakan sebagai pajangan saja, melainkan juga sebagai bukti penunjang jika seandainya ingin melamar pekerjaan, karena perusahaan tidak sekedar butuh omong kosong saja mengenai keahlian yang Anda miliki, melainkan juga harus didasarkan pada bukti. Sertifikat tersebut nantinya bisa turut dilampirkan disana.
  4. Meningkatkan kualitas portofolio Anda, sejalan dengan sulitnya mencari pekerjaan di tengah pandemi, mungkin banyak juga yang berpikiran mencoba membuat sebuah usaha. Usaha yang ada di bidang jasa ataupun penjualan produk. Dengan mengikuti pelatihan singkat ini akan membantu untuk meningkatkan keahlian di bidang tersebut, sekaligus sertifikatnya dapat digunakan sebagai portofolio tambahan untuk Anda, sehingga konsumen tak ragu lagi menggunakan layanan Anda.

Tentunya bukan hanya untuk job seeker atau pencari kerja saja, melainkan Anda yang menjabat sebagai karyawan sebuah perusahaan juga bisa mengikuti program pelatihan singkat tersebut. karena short program ini tidak akan memakan banyak waktu. Bahkan jika seandainya dilihat ada banyak perusahaan yang secara sukarela mendaftarkan karyawan mereka untuk mengikutinya guna menambah skill yang diinginkan oleh perusahaan. Anda dapat mempercayakan pelatihan semacam ini kepada lembaga terbaik seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, mereka punya banyak program training berkualitas untuk karyawan maupun non karyawan yang ingin meningkatkan keahlian.