Makanan untuk Anak Diare dari Diarepedia Kategori Buah yang Baik Dikonsumsi

Saat anak sedang diare sebaiknya bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang perlu diperhatikan dengan baik. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari karena bisa membuat gejala diare menjadi lebih parah. Termasuk juga buah yang biasanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi mengonsumsi buah yang tidak tepat justru bisa membuat kondisi diare yang dialami oleh anak dapat bertumbuh buruk. Oleh karena itulah pastikan untuk mengonsumsi jenis buah yang tepat sebagai makanan tepat untuk anak diare dari DiarepediaBerbagai jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk membantu menghentikan diare adalah:

1. Pisang

Buah pertama yang dianjurkan untuk masih dikonsumsi saat anak diare adalah pisang. Buah ini mempunyai kandungan pektin yang ada di dalamnya dan sudah terkenal sebagai kandungan yang baik untuk mengatasi gejala diare. Kandungan pektin tersebut bisa membuat feses menjadi lebih padat, sehingga bisa membuat diare teratasi dengan baik karena ciri dari diare adalah feses yang cair. Pisang juga mempunyai manfaat untuk mengganti elektrolit yang ikut hilang banyak saat mengalami diare. Oleh karena itulah jenis buah yang baik diberikan anak saat diare adalah pisang yang bisa mengatasi gejala diare yang dirasakan anak.

2. Kelapa

Jenis buah selanjutnya yang bagus untuk mengatasi diare adalah kelapa. Minum air kelapa asli sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat anak diare. Sehingga untuk hasil yang lebih baik dan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat diare, anak bisa diberikan air kelapa asli. Untuk memberikan hasil yang efektif, Kamu bisa memberikan air kelapa 2 hingga 3 gelas sehari untuk membantu mencegah dehidrasi yang bisa dialami. Air kelapa ini mempunyai fungsi untuk mengganti cairan yang keluar banyak saat diare dan bukan untuk membantu mengobati dan mengatasi diare yang dialami anak.

3. Apel

Jenis buah ketiga yang bisa diberikan untuk anak saat diare karena memberikan manfaat untuk membantu mengatasi diare adalah apel. Buah ini selain mempunyai rasa yang enak dan disukai oleh banyak orang juga mempunyai kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah apel mempunyai kandungan pektin yang dapat mengatasi gejala diare anak. Cara mengonsumsi apel yang benar untuk memberikan manfaat tersebut adalah dengan mencuci apel terlebih dahulu. Selanjutnya rebus air dan haluskan apel dengan lembut agar bisa lebih mudah dicerna saat anak diare.

4. Jambu biji

Buah terakhir yang bisa untuk dikonsumsi anak saat diare dengan manfaat untuk membantu mencegah diare menjadi lebih parah dan mengatasi gejalanya adalah jambu biji. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya, sehingga baik untuk membunuh kuman yang menyebabkan diare. Saat ini memberikan jambu biji pada anak yang diare, sebaiknya pilih jambu biji yang masih muda sehingga mempunyai efek yang lebih optimal. Haluskan jambu tersebut sehingga lebih mudah dikonsumsi dan tidak akan membuat pencernaan bekerja keras saat sedang diare.

Di atas merupakan beberapa makanan untuk anak diare dari Diarepedia yang aman untuk diberikan. Selain pilihan di atas ada beberapa jenis lainnya yang bisa memberikan efek untuk mengatasi gejala diare yaitu lemon, wortel, hingga buah blueberry.

Pastikan untuk mengonsumsi buah tersebut dengan dilembutkan terlebih dahulu sehingga aman dikonsumsi saat diare. Untuk jenis buah lainnya dan makanan yang baik dikonsumsi untuk mengatasi diare bisa dilihat di Diarepedia yang didukung oleh Entrostop.