Lebih Produktif Lagi dengan Zenbook 14X OLED (UX5400)

Ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas. Sebagian memilih untuk melatih diri untuk lebih fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan. Ada juga mereka yang lebih memilih untuk dapat bekerja dan berkarya kapanpun dan di manapun. Bahkan ada pula yang berusaha meningkatkan multitasking agar dapat menjadi lebih produktif. Sayangnya, seringkali keterbatasan perangkat membatasi keinginan penggunanya untuk menjadi insan yang lebih produktif.

Atas dasar itulah ASUS mengahdirkan Zenbook 14X OLED (UX5400). Laptop ultra-portable yang juga merupakan seri terbaru dari lini ASUS Zenbook Classic tersebut memiliki beragam fitur yang memungkinkan penggunanya untuk lebih produktif. Baik mereka yang ingin fokus terhadap pekerjaannya, mereka yang ingin dapat bekerja lebih mudah kapanpun dan di manapun, hingga mereka yang ingin bekerja secara multitasking, Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat mengakomodasi semuanya.

Lebih Fokus dengan ASUS OLED

Sesuai dengan namanya, Zenbook 14X OLED (UX5400) mengusung layar berteknologi ASUS OLED. Berbeda dengan layar IPS yang digunakan di laptop pada umumnya, ASUS OLED menggunakan panel OLED dan telah dilengkapi berbagai fitur khusus sehingga dapat menghasilkan kualitas visual terbaik. Tidak hanya itu, ASUS OLED juga hadir dengan fitur yang dapat membantu mencegah kerusakan pada kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang sekaligus tidak membuat mata cepat lelah. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Warna yang Kaya dan Akurat Hanya di ASUS OLED

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga tingkat akurasi reproduksi warnanya tidak perlu diragukan lagi.

Keunggulan lain yang ditawarkan ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Kualitas reproduksi warna yang sangat tinggi dan akurat, serta konsistensi warna pada tingkat kecerahan yang rendah tentu akan membuat pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat lebih fokus saat bekerja.

Lebih Produktif Tanpa Merusak Mata

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancaran radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual.

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka. Fitur-fitur yang memanjakan mata tersebut membuat pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat menggunakan laptop lebih lama tanpa harus khawatir dengan efek samping terhadap kesehatan mata. Menjadi lebih produktif pun bukan berarti harus mengorbankan kesehatan.

Produktif Kapanpun dan Di Manapun

Dimensi dan bobot laptop sangat berpengaruh pada produktivitas, apalagi Anda lebih suka bekerja secara mobile. Menggunakan laptop berukuran ringkas dan ringan sangat tepat untuk Anda yang sering bekerja di luar rumah atau kantor, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut ASUS menghadirkan Zenbook 14X OLED (UX5400) dalam dimensi yang sangat ringkas serta memiliki bobot yang ringan.

Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki bobot hanya 1,4kg dan ketebalan bodi 1,69cm, membuatnya tidak hanya mudah untuk dimasukkan ke dalam tas, tetapi juga nyaman untuk dibawa bepergian. Dimensi bodi laptop ini juga tergolong sangat ringkas, yaitu kurang lebih seukuran kertas A4. Bagaimana ASUS bisa menghadirkan dimensi bodi yang sangat ringkas tersebut? Kuncinya ternyata ada pada bezel layarnya.

Zenbook 14X OLED (UX5400) menusung layer yang telah dilengkapi teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut memungkinkan bezel pada layar laptop ini dapat tampil sangat tipis, yaitu hanya 3mm pada dua sisinya. Berkat bezel yang sangat tipis tersebut, keseluruhan dimensi bodi Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat dipangkas sehingga menghadirkan laptop dengan ukuran yang sangat ringkas.

Cocok untuk Multitasking

Ada satu kelebihan lain yang dimiliki Zenbook 14X OLED (UX5400) dan tidak ada di laptop pada umumnya, yaitu kehadiran SceenPad 2.0. Tidak seperti laptop-laptop lainnya, touchpad di Zenbook 14X OLED (UX5400) merupakan sebuah layar yang dapat membantu penggunanya saat beraktivitas. Layar kedua tersebut tidak hanya sekadar menampilkan informasi saja. Penggunanya dapat berinteraksi secara langsung dengan antarmuka yang ditampilkan, karena dilengkapi teknologi layar sentuh, ScreenPad 2.0 di Zenbook 14X OLED (UX5400).

ASUS juga membekali ScreenPad 2.0 dengan software khusus Bernama ScreenXpert 2.0. Software tersebut membantu pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengontrol mode penggunaan ScreenPad 2.0, hingga mengakses fitur di berbagai aplikasi seperti Microsoft Office. Tidak hanya itu, pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) juga bisa menggunakan ScreenPad 2.0 sebagai alat untuk mengakses berbagai shortcut. Melalui fitur Quick Key, pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat mengatur dan membuat shortcut khusus untuk setiap aplikasi yang terpasang di Zenbook 14X OLED (UX5400). Shortcut akan berubah sesuai dengan aplikasi yang sedang aktif.

Karena ScreenPad 2.0 pada dasarnya merupakan sebuah layar meski ukurannya lebih kecil dari layar utamanya, pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) tetap dapat menggunakannya layaknya layar kedua pada umumnya. Dengan demikian, aplikasi apapun dapat ditampilkan di ScreenPad 2.0 sehingga penggunanya dapat melakukan multitasking secara lebih baik. Salah satu skenario penggunaan ScreenPad 2.0 sebagai layar kedua adalah ketika melakukan video conference. Pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) tetap dapat membuka aplikasi lainnya di layar utama sementara tampilan video conference bisa dihadirkan di ScreenPad 2.0.

 

Mudah dan Nyaman Digunakan

Sama seperti para pendahulunya, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga masih mengusung desain bodi yang mengedepankan mobilitas. Berkat ketebalan bodi hanya 1,69cm dengan bobot 1,4kg, Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat dengan mudah dibawa bepergian. Bahkan karena mengusung layar 14-inci, penggunanya bisa membawa Zenbook 14X OLED (UX5400) tanpa harus menggunakan tas khusus.

Meski mengusung layar 14-inci, Zenbook 14X OLED (UX5400) ternyata memiliki dimensi bodi yang mirip dengan laptop 13-inci. Bagaimana bisa? Ternyata ada bebrapa fitur yang memungkinkan laptop ini untuk tampil lebih ringkas, salah satunya adalah teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut membuat bezel layar di Zenbook 14X OLED (UX5400) tampil sangat tipis sehingga bisa membiat screen-to-body ratio laptop ini menjadi sangat luas yaitu 92%. Bezel yang sanagt tipis tersebut membuat keseluruhan bodi laptop ini dapat dipangkas menjadi lebih ringkas.

Pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) tidak akan bisa produktif jika laptop yang digunakannya tidak nyaman. ASUS merancang Zenbook 14X OLED (UX5400) agar selalu nyaman digunakan. Desain engsel layarnya misalnya yang menggunakan 180⁰ ErgoLift Hinge yang memungkinkan layar untuk dibuka hingga 180⁰ untuk memudahkan saat sedang berkolaborasi. Tidak hanya itu, ErgoLift Hinge juga membuat bodi utama laptop terangkat dan menawarkan posisi mengetik yang lebih nyaman serta ergonomis.

Hanya itu? Tentu saja tidak. Berbeda dengan pendahulunya, Zenbook 14X OLED (UX5400) kini menggunakan layar dengan rasio 16:10 dan resolusi 2,8K (2880×1800). Rasio layar 16:10 menawarkan ruang kerja yang lebih luas ketimbang layar 16:9 yang pada dasarnya disesuaikan dengan format film layar lebar. Keputusan ASUS untuk menggunakan layar dengan rasio 16:10 sangat tepat kali ini mengingat Zenbook 14X OLED (UX5400) menyasar pengguna yang ingin lebih produktif dalam beraktivitas. Layar dengan ruang kerja lebih besar tentu akan membuat penggunanya lebih produktif.

Bagi yang sering melakukan conference call, ASUS juga menyediakan solusi terbaik agar pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat melakukan conference call di berbagai situasi. Selain dibekali kamera yang dengan kemampuan low-light yang lebih baik, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan fitur AI noise-cancelling.  Fitur ini memungkinkan suara bising dapat disaring sehingga pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) tetap dapat melakukan conference call dengan nyaman meski berada di lingkungan bising seperti cafe dan tempat umum lainnya.

Pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) semakin dipermudah berkat kehadiran port serta fitur konektivitas yang lengkap. Mulai dari USB 3.2 Gen 2 Type-A, HDMI 2.0b, MicroSD card reader, hingga 3.5mm combo audio jack, semuanya tersedia di Zenbook 14X OLED (UX5400). Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan dua port USB Type-C Thunderbolt 4 yang selain dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat kelas profesional, juga dapat digunakan sebagai port display output ataupun port pengisian daya melalui system USB power delivery.

Sementara untuk konektivitas wireless, Zenbook 14X OLED (UX5400) mengandalkan WiFi 6 (802.11ax) yang dibekali fitur ASUS WiFi Master. Dengan demikian, pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) akan dapat selalu terhubung secara lebih stabil. Zenbook 14X OLED (UX5400) juga tetap dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sehingga penggunanya dapat menguhubungkan berbagai perangkat seperti headphone atau mouse wireless secara lebih mudah.

Spesifikasi Mumpuni Penunjang Produktivitas

Zenbook 14X OLED (UX5400) merupakan laptop modern yang telah ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core, tepatnya Intel Core i7-1165G7. Prosesor tersebut tidak hanya memenuhi semua persyaratan untuk laptop modern seperti memiliki performa yang sangat mumpuni untuk kebutuhan komputasi sehari-hari hingga multitasking, serta sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Tidak hanya itu, prosesor tersebut juga dibekali dengan chip grafis Intel Iris Xᵉ yang hemat daya dan cukup powerful untuk penggunaan standar seperti menonton film, bermain game kasual, hingga berselancar di web.

Untuk scenario penggunaan yang membutuhkan performa grafis lebih powerful, ASUS menyediakan chip grafis terpisah, yaitu NVIDIA GeForce MX450 dengan VRAM sebesar 2GB. Chip grafis ini dapat membantu pengguna Zenbook 14X OLED (UX5400) saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa grafis lebih seperti aplikasi olah foto dan video. Agar performanya lebih kencang, ASUS juga membekali Zenbook 14X OLED (UX5400) dengan M.2 PCIe SSD 3.0 berkapasitas 1TB dan memori LPDDR4 berkapasitas 16GB. Spesifikasi tersebut membuat Zenbook 14X OLED (UX5400) cocok untuk pengguna yang sering melakukan multitasking, apalagi ditambah dengan kehadiran ScreenPad 2.0 di laptop ini.

Berikut hasil benchmark performa Zenbook 14X OLED (UX5400):

 

Andalan Para Pencari Produktivitas

Zenbook 14X OLED (UX5400) tampil berbeda dari pendahulunya. Salah satu laptop premium ASUS tersebut kini benar-benar dirancang sebagi laptop penunjang produktivitas. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan layar dengan rasio 16:10 serta mengusung resolusi yang lebih tinggi dari pendahulunya. Selain itu, laptop ini juga dibekali ScreenPad 2.0 sebagai fitur yang dapat membuat penggunanya untuk dapat lebih produktif di berbagai aktivitasnya. Terakhir, Zenbook 14X OLED (UX5400) dibekali spesifikasi yang sangat mumpuni untuk menunjang berbagai kebutuhan komputasi sehari-hari. Spesifikasi tersebut bahkan tergolong sangat baik untuk kebutuhan multitasking.

 

Di Indonesia, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dipasarkan mulai dari Rp24.208.000. Informasi lebih lanjut, dapat disimak di URL berikut: https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Zenbook/Zenbook-14X-OLED-UX5400-11th-Gen-Intel/