Ini Dia Alur dan Berkas yang Wajib Disiapkan Saat Akan Klaim Allianz

Ada beberapa orang Indonesia yang saat ini masih punya gambaran dan prinsip tentang asuransi bahwa asuransi itu susah proses klaimnya dan syarat yang diminta juga banyak. Tentu saja jika Anda akan melakukan klaim polis asuransi ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi supaya klaim yang Anda ajukan bisa diterima. Salah satunya adalah seperti ketika Anda menjadi nasabah Allianz dan akan melakukan klaim Allianz untuk polis asuransi yang Anda miliki tentu ada juga syarat yang harus Anda siapkan terlebih dahulu supaya nanti klaim bisa disetujui.

Banyak yang bilang jika proses klaim asuransi di Allianz atau beberapa nama perusahaan asuransi lain yang ada di Indonesia itu susah. Selain itu prosesnya juga sangat lama dan terkadang justru yang membuat kecewa adalah klaim ditolak oleh pihak asuransi. Namun apabila Anda menjadi nasabah Allianz jangan takut klaim Anda ditolak jika apa yang menjadi syarat klaim sudah Anda penuhi sepenuhnya dan tidak ada sesuatu yang melanggar perjanjian yang menyebabkan klaim bisa ditolak.

Untuk Anda yang kebetulan saat ini sudah punya polis asuransi di Allianz, ada berbagai macam syarat yang harus Anda penuhi jika Anda akan klaim Allianz. Tidak hanya syarat saja yang harus Anda penuhi namun juga harus tahu bagaimana alur yang tepat untuk klaim asuransi tersebut supaya Anda tidak bingung dan klaim yang Anda ajukan bisa segera di proses. Lalu apa saja yang wajib disiapkan dan bagaimana alurnya ketika akan klaim asuransi di Allianz? Berikut adalah penjelasannya:

  • Siapkan formulir klaim dan dokumen pendukung

Syarat dan beberapa berkas serta data pendukung yang harus Anda siapkan untuk pengajuan klaim asuransi yang Anda miliki. Pertama yang harus Anda lakukan adalah unduh formulir klaim pada website resmi Allianz sesuai dengan polis yang Anda miliki. Jika sudah isi semua datanya dengan benar dan teliti. Setelah itu Anda pelajari syarat dan siapkan data pendukung lainnya yang diminta baca perlahan dan cek kembali sebelum dokumen Anda serahkan pada pihak Allianz.

  • Kirim semua data klaim

Jika semua data yang diminta sudah Anda siapkan dan lengkap dengan seluruh dokumen pendukung yang lainnya, cek sebelumnya supaya bisa tahu apakah memang sudah lengkap dan tidak ada yang kurang. Jika dirasa sudah sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak Allianz maka data bisa langsung Anda kirim ke kantor pusat Allianz yang ada di Jakarta. Proses klaim juga bisa Anda lakukan secara online lewat website resmi Allianz.

  • Dokumen di analisis oleh pihak Allianz

Setelah data yang Anda kirimkan di terima oleh pihak Allianz, maka selanjutnya data tersebut akan dianalisis oleh pihak Allianz. Apakah klaim diajukan sudah sesuai dengan isi dan kesepakatan pemegang polis. Jika tidak maka klaim Anda akan ditolak dan Allianz akan mengirimkan surat alasan kenapa klaim ditolak dan jika diterima Anda harus mengisi form kesepakatan jika sudah uang akan ditransfer ke rekening pemegang polis.

Di atas adalah penjelasan singkat seputar alur klaim Allianz dan dokumen apa saja yang perlu disiapkan ketika akan mengajukan klaim. Sedikit informs seputar klaim asuransi di Allianz bahwa memang ada banyak syarat dan beberapa ketentuan lain yang berbeda yang perlu disiapkan antara polis asuransi satu dengan yang lainnya. Memang sedikit ribet tetapi ini adalah langkah terbaik yang dilakukan oleh Allianz supaya klaim tidak dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan bisa menimbulkan kerugian.