Apa Itu Variable Speed Drive (VSD)?

Variable Speed Drive (VSD) merupakan salah satu produk yang banyak digunakan pada mesin di dunia produk ini adalah pengontrol gerak dengan sistem kerja yaitu mengubah kecepatan motor pada mesin dan melakukan variasi nilai tegangan supply lewat drive dengan tipe tegangan AC ataupun DC sesuai pilihan. Adapun mengapa VSD ini banyak dibutuhkan adalah karena biaya komponen yang terbilang mahal. VSD memang harganya jauh lebih mahal, jika dibanding kompresor tapi kecepatannya sangat tinggi sehingga bisa mengurangi biaya energi untuk kompresor hingga 50%.

Kecepatan dari VSD sendiri akan menyesuaikan dengan kecepatan motor dan udara yang dibutuhkan. Tentu saja produk ini berbeda dengan kompresor konvensional yang hanya mampu dioperasikan saat kapasitas penuh. Jadi bisa dibilang lebih hemat karena biaya konsumsinya tidak terbuang percuma. Perlu diketahui bahwa BSD ini tidak dirancang untuk dioperasikan terus-menerus dengan kecepatan penuh. Kekurangan tersebut dapat membuat efisiensi energi jauh lebih rendah jika dibanding kompresor dengan kecepatan tetap.

Cara Kerja VSD

Berbicara soal cara kerja dari VSD sendiri mampu menghemat energi dengan pengaturan kecepatan kompresor yang menggunakan inverter. Ini karena kemampuan kompresor dengan tegangan spesifik sesuai dengan kebutuhan saja. Jadi tekanan sistem dan control internal akan menyesuaikan kecepatan motor dan kebutuhan tekanan. Pada VSD sendiri terdapat rangkaian penggerak yang saling bekerja untuk menyesuaikan kecepatan dan efisiensi rentang kecepatan.

1. Motor

Pertama ada motor induksi yang tentu saja mampu menghemat konsumsi energi hingga 50%. Bahkan ada beberapa diantara motor ini memiliki desain vertikal yang dapat mengurangi limbah sampai 55% jika dibanding kompresor.

2. Ulir

Ulir rotari sistemnya lebih baik daripada kompresor pada umumnya. Ketika kompresor menyesuaikan kecepatan sesuai permintaan, maka elemen kompresor ulir rotary, juga akan menyesuaikan jumlah udara kompresi dengan seimbang sesuai permintaan.

3. Sensor

Kecepatan motor juga disensor lewat frekuensi dan pengontrol internal yang disebut juga sebagai elektronikon. Sensor ini akan mengukur tekanan sistem untuk disesuaikan dengan kecepatan motor agar bisa memenuhi kebutuhan udara yang dibutuhkan pengguna.

Fungsi Penggunaan VSD

VSD sendiri banyak digunakan untuk pengontrol kecepatan dan akselerasi hingga arah putaran motor. Makanya produk ini juga banyak digunakan pada pengaplikasian motor AC. Sebab nilai frekuensi tegangan dapat mempengaruhi kecepatan putaran dan torsi motor jadi bisa disesuaikan kebutuhan pengguna.

Kelebihan dari VSD sendiri adalah mampu mengurangi arus starting motor sehingga bisa lebih hemat energi. Kemudian kemampuannya dapat memperhalus start awal motor. Mampu melakukan percepatan atau perlambatan dan arah putaran motor yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Meminimalisir suara berisik yang dihasilkan oleh panel konvensional.

VSD juga banyak digunakan pada alat rumah tangga namun pastinya tidak terlalu dimengerti oleh masyarakat awam. Bahkan produk ini juga banyak digunakan untuk fasilitas publik di hotel, rumah sakit hingga PDAM.

Sekarang tentu anda sudah tahu apa itu VSD, cara kerja dan juga fungsinya. Untuk menemukan VSD ini dengan mudah maka Anda bisa memilih dari official distributor Renner Indonesia yaitu PT Intidaya Dinamika Sejati.

Perusahaan ini adalah Authorized Renner Compressor dengan banyak pilihan kompresor sesuai kebutuhan. Untuk produknya tidak perlu khawatir sudah pasti asli. Bahkan untuk kerusakan produk kompresor, distributor ini memiliki bengkel untuk menanganinya yang dinamakan Bengkel Sejati. Bengkel ini sendiri berpusat di Jember. Jadi untuk segala kerusakan hingga fasilitas bisa langsung menghubungi sales representatif dari Renner Indonesia.