6 Alasan Kenapa Harus Mulai Investasi Emas Antam

Meskipun kamu masih muda, jangan pernah melupakan soal investasi. Ini adalah cara di mana kamu bisa menyimpan kekayaan yang dimiliki saat ini, harapannya adalah mendapat keuntungan di masa depan. Zaman sekarang, ada banyak bentuk investasi yang menguntungkan, mulai dari cara lama yaitu menyimpan emas atau dengan menanam saham yang kini sedang digandrungi anak muda.

Bentuk investasi yang aman dan mudah dilakukan adalah investasi emas Antam. Emas merupakan benda yang nilai jualnya semakin hari semakin bertambah, meskipun imbal hasil baru bisa dirasakan dalam waktu yang sangat lama. Maka dari itu, investasi emas cocok untuk jenis investasi jangka panjang yang akan dicairkan dalam waktu lima hingga sepuluh tahun mendatang.

Ada beberapa alasan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih jenis investasi emas Antam. Apa saja itu? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1.    Investasi Emas Cukup Mudah untuk Dilakukan

Salah satu alasan kenapa harus memilih investasi emas Antam adalah benda ini cukup mudah didapatkan ataupun dijual lagi. Artinya, jika kamu sedang memiliki uang lebih, maka bisa langsung membeli emas Antam. Sedangkan, ketika kamu membutuhkan uang mendesak, menjual emas Antam pun tidak sulit, kamu bisa langsung mendapatkan uang saat itu juga.

Bahkan, sekarang masyarakat bisa menyimpan emas secara online sehingga lebih aman dari risiko pencurian. Kamu bisa melakukan transaksi emas di BukaEmas dan menyimpannya dengan tenang. BukaEmas sudah mendapatkan izin penyimpanan emas dari Otoritas Jasa Keungangan (OJK), sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun, jika kamu ingin menyimpan kepingan emas sendiri, bisa dilakukan dengan mudah di BukaEmas. Kepingan emas Antam bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) akan bisa dicarikan mulai dari 1 gram dan nantinya akan dikirim ke alamatmu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, investasi emas cukup mudah untuk dilakukan. Salah satu faktor yang membuat investasi ini tergolong gampang adalah penjualan emas bisa dilakukan kapan saja. Lewat BukaEmas, kamu bisa menjual mulai dari 0,0001 gram dan nantinya akan masuk ke BukaDompet.

2.    Emas Dapat Mempertahankan Kekayaan yang Dimiliki

Inflasi yang semakin hari semakin tinggi bisa diatasi dengan menyimpan emas dan melindungi aset yang kamu miliki. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika emas memiliki harga yang cenderung stabil dan minim risiko. Maka dari itu, jika kamu berniat untuk investasi jangka panjang, maka bisa memilih menabung emas.

Banyak para investor yang memilih emas ketika krisis melanda untuk menjaga aset-aset yang dimilikinya. Saat inflasi melonjak tinggi, hal ini membuat menurunnya nilai mata uang. Namun, jika sebelumnya  kamu sudah menabung emas, maka kekayaan yang kamu miliki tidak akan berkurang. Kamu bisa menjual emas dengan harga yang mengikuti nilai inflasi saat menjual.

3.    Pilih Emas untuk Diversifikasi Investasi

Beberapa ahli ekonomi berkata untuk tidak berinvestasi pada satu aset saja. Nah, jika kamu sudah mulai investasi dalam bentuk lain, emas sangan cocok sebagai aset investasi keduamu. Alasannya karena nilai emas yang cenderung stabil bahkan terus meningkat.

Pergerakan emas bisa sejalan dengan aset-aset investasi lain, namun bisa juga berlawanan. Ketika aset investasimu yang lain dengan risiko tinggi, seperti mata uang dolar atau saham sedang mengalami penurunan, maka emas bisa menyelamatkanmu.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ketika pandemi COVID-19 menyerang seluruh dunia, membuat semua saham turun drastis. Tetapi, harga emas justru naik tajam. Bayangkan saja jika saat itu kamu memiliki tabungan emas yang cukup banyak, tentu saja bisa membantu ekonomimu yang sedang anjlok.

4.    Harga Beli Emas Tidak Mahal

Siapa saja bisa membeli emas dengan mudah. Emas bisa dibeli dengan cara mencicil atau membeli bentuk kepingan kecil. Lewat BukaEmas dari Bukalapak, kamu bahkan bisa membeli barang tersebut mulai dari 0,0001 gram saja dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp 100.000,-. Jadi, daftarkan dirimu dan investasi emas sekarang juga di BukaEmas.

5.    Harga Emas Cenderung Selalu Naik Sehingga Minim Risiko

Sangat jarang emas mengalami penurunan harga. Maka dari itu banyak yang menyebutkan jika investasi emas minim risiko. Hal tersebut dikarenakan pasokan emas di bumi yang makin hari makan sedikit dan permintaan pasar yang semakin tinggi membuat harga emas selalu naik.

6.    Tidak Ada Biaya Pajak Jika Berinvestasi Emas

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi emas adalah tidak ada pajak. Di BukaEmas, kamu bisa mencairkan emasmu jika sudah mencapai 1 gram. Pemilik emas hanya perlu membayar biaya sertifikat dan biaya pengiriman saja, tidak ada potongan tambahan tiap bulannya.

Berbeda jika kamu investasi saham, meskipun memang lebih cepat mendapatkan keuntungan, namun beberapa perusahaan tidak langsung memberikan keuntungan kepada pemegang saham di perusahaan tersebut.

Selain itu, keuntungan yang dimiliki dari pemegang saham sering kali diikuti dengan potongan pajak. Bahkan terkadang bukan dalam bentuk uang, melainkan tambahan lembaran saham.

Dari ulasan-ulasan di atas, dapat disimpulkan jika investasi emas cukup menjanjikan. Emas bisa mendatangkan banyak manfaat, terutama jika kamu berniat untuk menabung dalam waktu lama. Transaksi yang dilakukan pun sangat mudah, kamu bisa beli emas secara online lewat BukaEmas dari BukaLapak.