10 Manfaat Semangka untuk Bumil yang Tidak Boleh Dilewatkan

Kehamilan menjadi salah satu fase hidup yang dialami oleh perempuan pada umumnya. Masa kehamilan konon katanya menjadi fase berharga dan waspada karena di masa kehamilan, calon ibu perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh secara maksimal dan tepat.

Dalam hal makanan tentu saja tidak boleh sembarangan, apalagi ini akan berdampak pada kesehatan sang bayi. Untuk itulah tak jarang bila para ibu hamil (Bumil) menjadi ekstra waspada dalam memilih makanan yang akan dikonsumi. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh Bumil adalah semangka.

Semangka untuk bumil merupakan buah yang tidak boleh dilewatkan, karena banyak memberikan manfaat untuk kehamilan. Berikut ini adalah 11 manfaat semangka untuk bumil yang perlu kamu ketahui!

Ini manfaat semangka untuk bumil yang tidak boleh dilewatkan

1. Konsumsi semangka membantu mencegah dehidrasi

Hal yang sering dialami Bumil adalah dehidrasi. Ini disebabkan karena kebutuhan akan cairan dan mineral yang dibutuhkan saat hamil meningkat pesat. Selain dengan minum air putih yang banyak, bumil juga bisa mencegah dehidrasi selama hamil dengan rutin mengonsumi buah semangka. Kandungan cairan di dalam buah semangka dapat melengkapi kebutuhan cairan yang dibutuhkan ibu dan janin.

2. Mencegah bengkak di kaki dan tangan ketika hamil

Bengkak di kaki dan tangan menjadi salah satu fenomena yang umum terjadi pada Bumil. Tak heran, terkadang menimbulkan rasa nyeri dan pegal di sekitar kaki dan tangan. Fenomena ini dikenal dengan nama Edema. Edema ini terjadi karena adanya akumulasi cairan yang tidak biasa di jaringan tubuh tertentu.

Hal ini menimbulkan penyumbatan sehingga menyebabkan pembengkakan. Ini dapat diatasi dengan buah semangka. Kadar air yang terkandung di dalam semangka cukup tinggi sehingga dapat membantu mengatasi penyumbatan dan mengurangi edema.

3. Mengatasi nyeri perut saat hamil

Rasa nyeri perut kerap kali dialami oleh Bumil akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini menyebabkan adanya masalah asam lambung sehingga terasa mulas ketika hamil. Manfaat semangka untuk bumil salah satunya sebagai penangkal nyeri mulas saat hamil karena mengandung zat yang memiliki efek menenangkan sistem pencernaan dan mengobati permasalahan asam lambung.

4. Mengurangi mual akibat morning sickness

Fase morning sickness adalah hal yang biasa dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Morning sickness ini biasanya berupa rasa mual dan muntah di pagi hari. Salah satu yang paling ampuh untuk mengatasi rasa mual di pagi hari adalah dengan minum jus semangka setiap pagi. Manfaat semangka untuk bumil dapat menangkal rasa mual tersebut.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kondisi hamil menyebabkan ibu hamil wajib untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan sangat ekstra. Buah semangka mengandung antioksidan berbentuk likopen. Likopen inilah yang dapat membantu Bumil untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan.

6. Membantu mendetoksifikasi

Buah semangka memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mendetoksifikasi atau membuang racun. Sifat yang ada di semangka ini juga membantu mengurangi asam urat dalam tubuh.

7. Dapat membantu meredakan kram otot

Akibat perubahan hormon dan kenaikan berat badan menyebabkan ibu hamil sering mengalami kram otot. Tak perlu khawatir, manfaat semangka untuk bumil dengan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu meredakan kram otot ibu hamil secara efektif.

8. Mencegah adanya pigmentasi kulit saat hamil

Bila diperhatikan perubahan hormon pada ibu hamil dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi semangka yang bisa meningkatkan metabolisme pada sistem pencernaan sekaligus membuang zat beracun dalam tubuh. Inilah yang dapat membuat kulit ibu hamil kembali menjadi normal dan bebas dari pigmentasi.

9. Mengurangi sakit sembelit

Keluhan yang juga kerap kali keluar dari mulut ibu hamil adalah sakit sembelit. Ini biasa terjadi karena saluran pencernaan ibu hamil bekerja ekstra untuk si ibu dan si janin yang dikandung. Maka dari itu, untuk mengurangi terjadinya sakit sembelit dapat dilakukan dengan memakan buah semangka. Manfaat semangka untuk bumil membantu pembentukan feses sehingga mengurangi sembelit. Tak hanya itu, kadar air di dalam buah semangka membantu pergerakan usus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

10. Mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia

Likopen di dalam buah semangka dapat membantu mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia. Hal ini merupakan hasil riset yang termuat di dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics yang menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi likopen secara teratur dapat memiliki 50% peluang lebih rendah mengalami preeklamsia.

Kurang lebih terdapat 10 manfaat semangka untuk Bumil yang bisa diambil dengan mengonsumsi buah semangka secara teratur. Buah semangka menjadi salah satu idaman karena harga untuk satu ukuran buah yang besar sangatlah terjangkau di pasaran.

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba manfaat semangka untuk Bumil ini? Itu tadi manfaat semangka untuk bumil. Untuk mendapatkan semangka aneka jenis tersebut kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian semangka yang lengkap, di platform ini kamu juga akan mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin semangka yang akan kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!